Monday, October 27, 2008

Virus Denzuko, Antivirus Pertama di Dunia

Virus Denzuko dibuat oleh orang indonesia yang bernama Denny Yanuar Ramdhani pada tahun 1988. Pada awalnya, tujuan virus ini adalah mencari dan menghancurkan virus Brain. Jika ada disket yang terinfeksi oleh virus Brain, maka virus Denzuko akan menghapusnya dan menggantinya dengan virus Den Zuk. Pada disket, Virus Den Zuk biasanya bersembunyi di track 40, namun disket yang berkapasitas 360K normalnya memiliki track 0 sampai 39. Virus ini tidak menginfeksi disket dengan kapasitas 1,2 MB atau disket 3,5" secara sempurna, tetapi akan menghancurkan data di dalamnya. Label volum disket "(c) Brain" pada disket yang terinfeksi virus Brain akan diganti dengan "YùCù1ùEùRùP". Hal ini dikarenakan YC1ERP adalah nama panggilan sang pencipta yaitu, Denny Yanuar Ramdhani.

Pada komputer yang telah terinfeksi virus Den Zuk, menekan Ctrl-Alt-Del membuat komputer tidak akan melakukan reboot / restart, tetapi akan menampilkan tulisan "DEN ZUK". Jika dengan cara lain komputer bisa reboot, virus ini akan tetap tinggal dalam memory komputer. Virus Den Zuk mengubah tombol reboot manjadi Ctrl-Alt-F5.

Virus Den Zuk memiliki varian, yaitu Ohio. Virus Ohio sendiri memiliki nama samaran Hacker. Virus ini merupakan versi lama dari virus Den Zuk dan dibuat oleh orang yang sama. Virus Den Zuk sendiri dapat menghapus virus Ohio ini.

Virus ini tercatat oleh semua lembaga yang terlibat dalam perkembangan virus. IBM sendiri mencatat virus Den Zuk merupakan anti virus pertama di dunia. Selain itu, semua setuju bahwa Den Zuk adalah salah satu peristiwa paling penting dalam sejarah virus komputer dunia. Setelah virus yang sekaligus antivirus ini muncul, anti virus seperti yang kita kenal sekarang mulai muncul. Publikasi tentang sang pencipta virus dimuat di Virus Bulletin edisi Januari 1991.

Deskripsi Virus
Nama : Denzuko
Alias : Den Zuk
Asal : Indonesia
Lahir : 1988
Tipe : Resident Boot Sectors
Repair : No

sumber:
- SDA magazine
- f-secure.com

6 comments:

  1. wow!!!!!!!orang indonesia tuh!!!!!!!! :):))

    ReplyDelete
  2. orang indonesia emg jenius2.. :D

    ReplyDelete
  3. Pinternya orang indonesia. Hebat! Salut deh. :D

    ReplyDelete
  4. ;;) orang indonesia tuh!

    ReplyDelete
  5. Aq juga kenal.. tuh pak.. denzuko aka denny yanuar ramdhani.. orang bandung.. alumni ITB.. ;D

    ReplyDelete
  6. ini bener ?! apa di luar negeri ngga da yg duluan ? ckckckck
    SALUT dah...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...