Minggu, 20 April 2008

Informasi Tentang memory anda di Linux Slackware

Jika anda menggunakan desktop environment kde dan ingin tahu apakah kapasitas memori anda mencukupi untuk digunakan sistem operasi linux slackware, cukup masuk ke menu system -> kinfocenter. Kemudian pilih memory, maka akan terdapat gambar seperti di bawah ini.



Ada 3 buah gambar yang menunjukkan kapasitas memori total, kapasitas memori fisik, dan kapasitas swap / virtual memory. Kapasitas memori total adalah hasil gabungan kapasitas memori fisik dan swap. Gambar di tengah adalah kapasitas memori fisik dan di kanan adalah kapasitas swap.

Swap baru digunakan jika kekurangan memori fisik. Biasanya jika swap anda tidak 100% bebas (free), maka hal ini dapat menunjukkan bahwa komputer anda kekurangan memori fisik. Kenapa? Penjelasan (maaf jika salah) secara "kasar" adalah seperti ini, setiap program yang diproses, harus melalui memori fisik (RAM) yang kemudian baru diproses oleh prosesor. Jika kapasitas memori fisik yang bebas (RAM) anda terlalu kecil untuk kebutuhan program yang akan berjalan, maka akan digunakan sebagian kapasitas dari harddisk untuk dijadikan virtual memori (swap). Swap / harddisk digunakan untuk menyimpan sementara isi dari memori fisik.
sehingga memori fisik kapasitas memori fisik yang bebas bertambah dan dapat digunakan untuk menjalankan program yang akan berjalan tersebut. Begitu selesai, maka isi swap akan dipindahkan lagi ke memori fisik jika dibutuhkan. Istilah perpindahan dari memori fisik (RAM) ke/dari swap / harddisk disebut dengan swapping.

Sebagian besar sistem operasi (termasuk linux) menggunakan sebanyak mungkin memori yang tersedia untuk melakukan disk cache supaya performansi sistem semakin cepat. Pengertian disk cache adalah bagian dari ram yang berisi kumpulan data yang dibaca dari disk dan bersifat temporari. Disk cache bukan berarti menahan seluruh file, tetapi hanya bagian aplikasi software yang sedang berjalan atau data-file. (http://www.microsoft.com/technet/archive/wfw/7_agloss.mpx). Jika anda memiliki memori fisik yang bebas (free physical memory) berukuran kecil dan memiliki memori disk cache (disk cache memori) berukuran besar, dapat disimpulkan sistem anda telah terkonfigurasi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...