Minggu, 05 Oktober 2008

5 Logical Registry Hives

Registry adalah hirarki basisdata yang menyimpan informasi bagaimana sistem operaasi Windows anda bekerja. Registry diorganisasi sedemikian rupa sehingga ia membentuk 5 bagian utama, hal ini disebut juga dengan Registry Hives yang masing-masing memiliki tujuan berbeda-beda. Saat anda menjelajah registry, mungkin anda melihat banyak duplikasi. Sebenarnya itu merupakan symbolic link, jadi jika anda mengubah di satu sisi, maka di sisi lain ikut berubah. Registry hives secara fisik yang tersimpan di C:\Windows\system32\config dan C:\Documents and Settings\{username}.


Berikut ini adalah kelima Registry hives:

HKEY_CLASSES_ROOT
Hive ini mengandung informasi konfigurasi tentang file type, ekstensi, dan informasi lain yang sejenis. HKEY_CLASSES_ROOT yang menginstruksikan bagaimana meng-handle setiap file type dan mengontrol basic user interface options, seperti double-clicking dan context menu.

HKEY_CURRENT_USER
Hive ini mengandung informasi konfigurasi tentang system setup untuk tiap user yang sedang login. HKEY_CURRENT_USER mengontrol Desktop untuk user tersebut. Hive ini juga mengatur network connections dan koneksi ke alat-alat seperti printer. Selain itu, Hive ini juga menyimpan Security Identifiers (SIDs), yang merupakan identitas unik setiap user. SID juga menyimpan informasi tentang setting dan preference-nya.

HKEY_LOCAL_MACHINE
Hive ini menyimpan informasi tentang komputer itu sendiri, seperti sistem operasinya. HKEY_LOCAL_MACHINE menyimpan juga detail yang spesifik tentang semua hardware. Selain itu, HKEY_LOCAL_MACHINE menyimpan informasi tentang security, software yang ter-install, system startup, drivers, services dan konfigurasi-konfigurasi.

HKEY_USERS
Hive ini menyimpan informasi tentang semua user profile yang ada di sistem.

HKEY_CURRENT_CONFIG
Hive ini menyimpan konfigurasi-konfigurasi hardware pada komputer anda pada saat ini, sama seperti HKEY_CURRENT_USER yang menyimpan informasi tentang user yang sedang login pada sistem.

referensi:
Windows XP Hacks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...