Selasa, 15 April 2008

Konfigurasi IP Address & Subnet Mask pada Windows XP

download file: setting ip XP.pdf

Konfigurasi IP address dan Subnet mask ini digunakan untuk jaringan LAN yang tidak terhubung ke Internet.

1. Jika konfigurasi LAN pada windows XP anda berhasil, maka pada Control Panel -> Network Connections akan muncul gambar seperti di bawah ini.

2. Klik kanan gambar di atas, kemudian pilih disable. Kemudian klik kanan lagi gambar di atas dan pilih properties, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. Klik ganda Internet Protocol seperti pada gambar.


3. Langkah selanjutnya adalah isi IP address dan subnet mask. Untuk mempelajari tentang IP address dan subnetting, silahkan klik: di sini.Sebagai contoh, komputer yang terhubung pada jaringan komputer milik saya sebanyak 8 buah. Range IP address 10.1.1.1 – 10.1.1.8 dan menggunakan subnet mask 255.0.0.0. Kenapa memilih IP address dan subnet mask seperti itu? Alasannya sederhana, Jaringan LAN tidak terhubung ke internet dan agar mudah diingat.

4. Klik OK. Kemudian klik 2x gambar no.1 di atas, maka LAN akan enable.

5.
Langkah berikutnya adalah memeriksa apakah komputer anda telah terhubung dengan komputer lain. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan perintah ping. Buka command prompt: RUN -> ketikkan cmd dan tekan enter. Misal anda ingin memeriksa apakah komputer dengan IP Address 10.1.1.3 terhubung ke komputer anda yang memiliki IP Address 10.1.1.2. Yang harus anda lakukan hanyalah mengetikkan ping 10.1.1.3 pada command prompt. Jika tidak berhasil maka akan muncul pesan Request Timed Out. Jika berhasil maka akan muncul pesan reply seperti di bawah ini dan SELAMAT! Jaringan komputer telah berhasil dibangun.


artikel terkait:
- konfigurasi lan windows xp
- ip address & subnetting

2 komentar:

  1. numpang nanya soal LAN, saya punya 2 kompi terhubung dengan modem tp-link ,pas mo akses network place gak bisa nyambung dari komp 2 ke kompi 1, tapi dari komp 1 bisa ke komp 2 bisa,di cb ping di dua kompi bolak-balik bisa, kenapa ya apa ke block to apa?...
    atas kesediaanya saya ucapkan terimakasih.

    BalasHapus
  2. coba waktu ngetes akses network place matikan firewall & antivirus, kl ternyata bisa, brarti yg bikin nge-block aksesnya firewall atau antivirusnya. Nanti tinggal dikonfigurasi aja biar tidak nge-block lagi.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...