Selasa, 01 April 2008

Sekilas Tentang Linux dan GNU

Banyak yang bertanya, apa sih sebenarnya linux itu?

Linus Torvalds memulai Linux, sebuah kernel sistem operasi, sebagai sebuah proyek pribadi pada tahun 1991. Dia memulai proyek ini karena dia ingin menjalankan sistem operasi berbasis Unix tanpa mengeluarkan terlalu banyak uang. Sebagai tambahan, ia juga hendak mempelajari prosesor 386. Linux dirilis tanpa biaya kepada publik sehingga setiap orang bisa mempelajarinya dan membuat perbaikan dibawah lisensi General Public.

Linux sebenarnya adalah inti atau kernel sistem operasi yang bertanggung jawab. Sebagian tugas kernel adalah mengatur prosesor, memori, hard drive dan periperal komputer. Banyak perusahaan, komunitas atau perorangan membundel kernel dengan program-program lain. Setiap bundelan tersebut dapat disebut sebagai distribusi linux.


Apa itu GNU?

Proyek GNU ini diluncurkan pada tahun 1984 untuk mengembangkan sebuah sistem operasi lengkap mirip UNIX berbasis perangkat lunak bebas: yaitu sistem GNU (dilafalkan dengan "genyu").

Free Software Foundation telah membuat ide tentang perangkat lunak kerjasama. Mereka memberinya nama GNU, sebuah akronim rekursif yang artinya “GNU's Not Unix”. Perangkat lunak GNU berjalan diatas kernel Linux semenjak hari ke-1. Misalnya adalah kompiler gcc yang digunakan untuk mengkompilasi kernel. Saat ini telah banyak perangkat GNU yang ada di setiap distribusi linux. Karena hal itulah banyak pendukung Free Software Foundation menyatakan bahwa usaha merek harus diberi kredit yang sama dengan kernel Linux. Mereka menyarankan bahwa semua distribusi Linux harus merujuk pada dirinya sebagai distribusi GNU/Linux. Biasanya istilah GNU/Linux tidak digunakan karena terlalu panjang.

Rujukan:
- Alan Hicks, Chris Lumens, David Centrell, dan Logan Johnson. Slackware Linux Essentials.2005

- http://id.wikipedia.org/wiki/GNU

2 komentar:

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/software/sekilas_tentang_linux_dan_gnu/

    BalasHapus
  2. makasih mas uda di masukin di social bookmarking infogue.com.
    makasih juga atas pujiannya..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...