Selasa, 04 Desember 2007

Icecast dan IPTV

Dalam era teknologi yang ada sekarang ini, banyak teknologi dan teknik yang mengacu kepada kata streaming. Streaming secara sederhana dapat diartikan mengirimkan video dan audio pada internet secara real time. Kadangkala banyak yang menyamakan streaming dengan 'broadcast on the net' atau 'internet broadcast'.

Broadcast televisi atau radio adalah transmiter yang mendistribusikan sinyal dari studio ke televisi atau radio anda. Sedangkan internet broadcasting (streaming)adalah anda menggantikan transmiter dengan streaming server.

Icecast
Icecast adalah software yang terdiri dari kumpulan program serta library yang mampu melakukan streaming audio di internet. Icecast merupakan sebuah proyek media free streaming yang di-maintain oleh Xiph.org Foundation. Icecast dibuat pada Desember 1998 / Januari 1999 oleh Jack Moffitt dan Barath Raghavan untuk memberikan sebuah audio streaming server yang bersifat open source.

Secara umum Icecast digunakan untuk membangun radio online dengan menggunakan format mp3 dan ogg vorbis. Jika komputer kita terhubung dengan internet dan memiliki IP publik, kita dapat membangun server radio online dengan menggunakan Icecast. Selain itu, Icecast juga dapat digunakan untuk keperluan broadcasting pada intranet.

Icecast dibangun oleh 3 komponen utama, yaitu:
1. icecast. Yaitu server/program yang mengirim stream data audio ke para pendengar yang melakukan request/mengakses URL.
2. libshout. Yaitu library yang memungkinkan komunikasi dengan icecast server.
3. ices. Yaitu program yang bertugas merubah data audio menjadi digital dan mengirimkannya ke icecast server. ices sering disebut sebagai encoder.

IPTV
IPTV adalah suatu sistem client-server yang digunakan untuk mengirim layanan televisi digital kepada konsumen yang terdaftar (subscriber) dalam sistem tersebut. Pengiriman sinyal digital televisi menggunakan Internet Protocol (IP) yang melewati koneksi broadband. Layanan ini disediakan dengan adanya permintaan fasilitas video (Video On Demand) dan mungkin disediakan dengan fasilitas tambahan servis internet seperti akses web dan Voice Over Internet Protocol (VOIP). Namun, bila akses internet disediakan, akan disebut "Triple Play" dan bila ditambah lagi dengan mobilitas, maka akan disebut "Quadruple Play".

Selain dapat menerima sinyal televisi dan video, IPTV juga dapat menerima layana-layanan multimedia lain dengan menggunakan koneksi internet. IPTV tidak seperti program televisi broadcast biasa. IPTV memiliki ciri-ciri yang mirip dengan layanan kabel akhir-akhir ini, seperti sistemnya tertutup dan sistem televisi berhakpaten. Namun perbedaannya, IPTV dibuat melalui channel-channel berbasis IP yang aman sehingga membuat peningkatan tajam dalam kontrol distribusi konten.

Aturan dari IPTV adalah mengintegrasikan cara-cara untuk meneliti dan mengikuti sejumlah keinginan atau kebutuhan pengguna IPTV.

Sebagai tambahan, IPTV berbeda dengan video internet. Video internet menyediakan layanan dalam menonton video, seperti preview film dan webcam. Oleh penyedia jasa internet, layanan semacam ini disebut sebagai "best effort" dan tidak memiliki servis manajemen "back-to-back". Sedangkan IPTV lebih luas lagi, user friendly (mudah digunakan), dan disatukan dengan teknologi akses Digital Suscriber Line (DSL) berkecepatan tinggi, seperti Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL) dan Very High Data Rate Digital Subsciber Line (VDSL).

Berikut ini adalah beberapa fitur yang terdapat dalam IPTV:
* Dapat menyiarkan secara langsung atau prerecorded digital video serta dapat melakukan capturing dan transmisi program dari berbagai sumber.
* Dapat melakukan penjadwalan program sesuai kebutuhan.
* Karena teknologi bandwidth transmisi yang efisien, yaitu IP multicasting, IPTV dapat memberi layanan murah dengan kualitas tinggi.
* mendukung format standar Motion Picture Experts Group (MPEG) yang berguna untuk memberi kualitas yang tinggi, full motion picture. Fitur ini merupakan fitur tambahan terhadap CODEC.


Sumber :
Icecast
o http://www.diki.or.id/blog/public/2006/10/audio-streaming-di-ubuntu
o http://en.wikipedia.org/wiki/Icecast
o http://en.flossmanuals.net/Icecast/Introduction

IPTV
o http://en.wikipedia.org/wiki/IPTV
o http://www.ipteknet.go.id/iptv.php
o http://suryantara.wordpress.com/2007/08/27/iptv-internet-protocol-television/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...