Minggu, 23 Desember 2007

Asterisk

Asterisk adalah open source yang penting bagi dunia. Asterisk merupakan implementasi dari telepon Private Branch Exchange (PBX) yang dibuat oleh Mark Spencer dari Digium.Inc pada tahun 1999. Seperti pada umumnya PBX, asterisk mengizinkan sejumlah telepon untuk membuat panggilan dan menhubungkan servis telepon lain termasuk Public Switched Telephone Network (PSTN). nama asterisk berasal dari simbol asterisk, *, yang berarti wildcard di dalam lingkungan sistem operasi DOS, Unix, dan Unix-like misalnya Linux.

Asterisk di-release di bawah dua lisensi. yang pertama adalah lisensi free software yaitu GNU General Public License (GPL). yang kedua adalah lisensi proprietary software, yang berarti diizinkan untuk mematenkan kode dan membuat kode tertutup atau proprietary/closed. Berdasarkan lisensi free software, programmer-programmer lain diizinkan untuk berkontribusi dalam menambah fitur dan fungsionalitas serta melaporkan bug. Asterisk sebenarnya didesain secara khusus untuk sistem operasi linux, namun saat ini asterisk dapat dijalankan pula di NetBSD, OpenBSD, FreeBSD, Mac OS X dan Solaris.

Basic Software dari Asterisk mencakup banyak fitur yang ada dalam sistem PBX yang proprietary yaitu: voice mail, conference calling, interactive voice response dan automatic call distribution. User dapat membuat fungsi baru dengan cara menulis script dial plan dalam bahasa yang dimiliki oleh Asterisk, menambah modul dalam bahasa C atau menulis script Asterisk Gateway Interface dalam Perl atau bahasa lain.

Untuk melakukan attachment telepon biasa ke sebuah server Linux yang menjalankan Asterisk, atau melakukan koneksi ke saluran utama PSTN, server harus memasang hardware khusus. Digium dan perusahaan lainnya menjual kartu PCI untuk melakukan attachment untuk telepon, jalur telepon, jalur T1 dan E1 serta servis telepon analog dan digital yang lain ke sebuah server.

Asterisk, yang merupakan salah satu sistem server PBX open source, saat ini juga mendukung jangkauan yang luas dari protokol VOIP,mencakup SIP, MGCP dan H.323. Asterisk dapat beroperasi dengan kebanyakan telepon SIP, seolah-olah sebagai reistrar dan sebagai gateway antara IP telepon dan PSTN. Developer Asteris juga telah mendesain protokol baru, yaitu Inter-Asterisk eXchange, untuk melakukan efisiensi panggilan trunking antara banyak Asterisk PBX. Beberapa telepon memberi dukungan terhadap protokol IAX, yaitu protokol yang secara langsung berkomunikasi dengan server Asterisk.

Dengan adanya dukungan terhadap gabungan servis VOIP dan tradisional, Asterisk mengizinkan para deployer untuk membangun sistem telepon yang baru, atau secara perlahan bermigrasi dari sistem yang telah ada ke teknologi yang baru. Beberapa situs telah menggunakan server-server Asterisk untuk menggantikan PBX-PBX yang bersifat proprietary. Selain itu, Perusahaan-perusahaan telepon VOIP telah memberi dukungan terhadap Asterisk.

sumber:
http://www.asterisk.org/about
http://en.wikipedia.org/wiki/Asterisk_PBX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...