Friday, September 6, 2013

Kumpulan Link Belajar Ruby dan Ruby on Rails

Kumpulan link untuk belajar bahasa pemrograman Ruby dan framework Ruby on Rails:
  1. Kunjungi situs http://wiki.rubyonrails.org/ dan http://guides.rubyonrails.org/. Kedua situs tersebut merupakan situs resmi dari RoR dan sangat mudah dipahami oleh pemula.
  2. Jika sudah mulai membuat sebuah aplikasi dengan RoR, dokumentasi tentang class serta method dapat diakses melalui http://api.rubyonrails.org. Sesuai namanya, situs tersebut menjelaskan Application Programming Interface (API) pada RoR.
  3. Untuk meningkatkan kualitas sebagai Ruby on Rails programmer, kunjungi http://railscasts.com/. Situs tersebut menyediakan video-video yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan RoR anda.
  4. Ruby on Rails Tutorial - http://ruby.railstutorial.org/
  5. Rails for Zombies, salah satu situs tutorial Ruby on Rails - http://railsforzombies.org/
  6. Terakhir adalah situs yang paling saya sukai untuk belajar Ruby, yaitu Learn Ruby The Hard Way yang dibuat oleh Programmer untuk Programmer - http://ruby.learncodethehardway.org/book/
Semoga bermanfaat!

2 comments:

  1. Thanks, sangat membantu bagi yang mau belajar Rails.. :)

    41studio

    ReplyDelete
  2. permisi gan, saya ada sedikit tulisan mengenai protokol websocket menggunakan bahasa ruby berikut http://datacomlink.blogspot.co.id/2015/11/script-ruby-websocket-rfc-6455-server.html ditunggu feedbacknya gan.. semoga menambah wawasan bersama, terima kasih gan..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...