Rabu, 11 September 2013

Apa itu Ruby on Rails dan Filosofinya

Apa Itu Ruby on Rails

Rails adalah framework untuk pembuatan aplikasi web / website yang ditulis dengan bahasa pemrograman Ruby. Berdasarkan dokumentasi Rails, tujuan desain Rails adalah untuk mempermudah pemrograman aplikasi web dengan membuat asumsi - asumsi kira - kira apa saja yang diperlukan seorang web developer dalam membuat aplikasi web.

Dengan Rails memungkinkan untuk membuat program dengan lebih sedikit penulisan kode dibandingkan dengan framework atau bahasa pemrograman lain. Bahkan banyak developer menyatakan membuat aplikasi web menjadi menyenangkan.

Rails adalah opinionated software. Oleh sebab itu Rails membuat asumsi cara terbaik untuk melakukan sesuatu yang berkaitan dengan pembuatan aplikasi web. Rails mengklaim bahwa jika "The Rails Way" dipelajari dengan benar, makan akan meningkatkan produktifitas kita khususnya dalam hal web development. Namun, jika kebiasaan - kebiasaan kita di bahasa pemrograman atau framework lain, kemungkinan besar dapat menciptakan pengalaman yang tidak menyenangkan.

Filosofi Rails

  • DRY --"Don't Repeat Yourself". Tidak melakukan penulisan kode yang sama berulang kali. Inilah salah kelebihan Rails, yaitu membuat developer web sedikit menulis kode.
  • Convention Over Configuration. Rails melakukan asumsi kira - kira apa saja yang dibutuhkan dalam membangun aplikasi web. Sehingga dengan menggunakan asumsi - asumsi tersebut, Rails dapat melakukan load library yang diperlukan tanpa perlu ditulis satu per satu.
  • REST (Representational State Transfer). Merupakan best pattern untuk aplikasi web agar aplikasi yang dibangun sesuai dengan protokol REST.

 Arsitektur MVC

Arsitektur rails itu sendiri menggunakan Model-View-Controller,sehingga memiliki kelebihan dimana bagian interface / tampilan dan bagian data / lojik dapat dipisahkan sehingga memudahkan maintenance.

Model

Sebuah model merepresentasikan informasi atau data dan aturan-aturan utnuk menggunakan data tersebut. Rails menggunakan model untuk berinteraksi dengan database dan dalam banyak kasus, sebuah tabel dalam database disamakan dengan sebuah model dalam aplikasi.

View

View merepresentasikan tampilan dari aplikasi. Dengan kata lain, view memegang perananan untuk menampilkan user interface dan data ke web browser.

Controller

Controller merupakan perekat atau jembatan antara model dan view. Dalam Rails, controller bertanggung jawab memproses request yang datang, kemudian memanggil model yang terkait untuk mendapat data, lalu mengirimkan data tersebut ke view yang terkait.

Sekian dulu pengenalan Ruby on Rails, simak blog ini terus ya untuk artikel lain tentang Ruby dan Ruby on Rails. Semoga bermanfaat!

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...