Minggu, 21 Oktober 2012

Cara Buat Bootable USB Flashdisk via Shell Linux

Tutorial ini bertujuan untuk mengetahui cara menginstal linux melalui USB Flashdisk via Shell Linux sehingga tanpa perlu menggunakan CD atau DVD jika hendak melakukan install sistem operasi linux, cukup dengan USB Flashdisk. Saat artikel ini ditulis, sistem operasi linux yang digunakan adalah menggunakan Slackware Linux 13.1 dan sistem operasi yang terpasang di USB Flashdisk menggunakan Ubuntu Desktop 12.04.

Yang harus dipersiapkan
  1. USB Flashdisk minimal 1Gb. Pastikan USB tidak menyimpan data penting, karena data akan terhapus semua.
  2. ISO Ubuntu. Jika belum ada, dapat diperoleh melalui download ubuntu. Pada artikel ini, file iso Ubuntu yang telah diunduh diasumsikan disimpan pada direktori folder iso/ubuntu
Langkah - Langkah Cara Instal linux Ubuntu Lewat USB Flashdisk
  1. Pasang USB Flashdisk pada komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Linux. Pada artikel ini diasumsikan USB Flashdisk berada pada /dev/sdb.
  2. Setelah USB Flashdisk ditancapkan, pindah direktori tempat file iso ubuntu berada melalui shell linux. Misal, jika terletak
    cd iso/ubuntu/ 
  3. Melakukan copy, convert, & format dengan menggunakan perintah dd. Perintah linux dd adalah command linux yang digunakan untuk melakukan copy, sekaligus convert dan format sesuai operand yang digunakan.
    dd if=ubuntu-12.04.1-desktop-i386.iso of=/dev/sdb
    
  4. Selesai. Pastikan saat hendak booting dengan USB pastikan pada BIOS telah konfigurasi untuk USB menjadi prioritas booting lebih dahulu dibandingkan harddisk.
Sekilas Mengenai Perintah dd
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dengan perintah dd. Selain dapat backup harddisk, dengan perintah dd dapat pula digunakan untuk membuat file image yang berekstensi .img. Backup harddisk dapat pula berupa file image yang berekstensi .img dimana dengan begitu akan lebih mudah jika terjadi sesuatu. Misal jika ingin mengakses beberapa file didalamnya, cukup dengan mount image untuk mengakses didalamya. Berikut ini adalah cara buat file image dengan dd.
dd if=/dev/sda of=~/harddisk.img

4 komentar:

  1. Terimakasih gan tutorial di artikelnya bermanfaat

    moga bertambah ilmunya dan manfaat

    BalasHapus
  2. Nice inpo, sangat bermanfaat..
    mungkin kita bisa bertuker informasi atau backlink.. :D

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak, Kang Kunto. Tulisan yang runtut dan bersih. Prinsip KISS yang terasa betul di blog ini dan saya suka SyntaxHighlighter yang dipakai. Clear. Saya harap akang tetap menulis. NB: menariknya di sini, Ubuntu dibakar ke FD dari Slackware.

    Malsasa
    #ubuntu-indonesia @ freenode

    BalasHapus
  4. Terima kasih banyak, Om Kunto. Langsung saya praktekkan.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...