Friday, February 24, 2012

PHP Cloud

Seperti kita tahu, PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang populer. Selain itu, teknologi cloud computing juga ikut populer dikarenakan kelebihan yang ditawarkannya.

Berdasarkan artikel dari gen-x-design, cloud computing sebenarnya sama saja dengan dedicated hosting atau hosting server tradisional, tetapi perbedaan utamanya adalah server yang client gunakan adalah server virtual.

Dengan begitu, resource fisik komputer hanya satu, tapi bisa digunakan beramai-ramai. Dengan menggunakan cloud computing, maka waktu tidak banyak terbuang untuk me-manage server, tapi bisa kita alihkan untuk melakukan coding.

Berbicara mengenai cloud compiuting dan PHP, saya mendapat beberapa situs khusus untuk PHP yang menurut saya direkomendasikan.

1. PHP Fog - Selain performansi yang bagus, fitur lain yang saya suka adalah banyak aplikasi populer seperti WordPress, Drupal, Sugar CRM, atau Joomla yang tinggal dijalankan saja. Selain itu disediakan juga framework - framework PHP yang populer seperti CakePHP, Zend Framework, atau Code Igniter.

2. PHP Cloud - Fitur yang bagus dari service ini menurut saya bisa integrasi dengan service cloud computing yang lain, seperti dari Rackspace atau Amazon.

3. Orchestra PHP Cloud - Selain mendukung framework - framework PHP yang populer, fitur lain yang saya suka adalah mudahnya deploy aplikasi menggunakan Git atau Subversion.

Itu tadi adalah pendapat pribadi saya mengenai beberapa situs penyedia layanan PHP cloud, jika ada yang hendak disampaikan, silakan ditulis di bagian komentar.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...