Senin, 20 Juli 2009

Mengatasi Virus bat dan vbs Tanpa Antivirus

Virus di Windows sebagian besar menggunakan scripting language seperti Batch dengan ekstensi file .bat dan Visual Basic Scripting dengan ektensi .vbs. Selain itu, terdapat juga ekstensi virus dengan .exe yang biasanya dibangun menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic atau Visual Studio. Kenapa menggunakan bahasa pemrograman tersebut? Karena Windows dibangun dengan bahasa basic, sehingga sistem operasi Windows secara default menyediakan "penerjemah" terhadap sebagian bahasa-bahasa yang telah saya sebutkan diatas. Scripting languange dengan ekstensi file .bat dan .vbs serta file .exe hasil dari Visual Basic atau Visual Studio adalah file yang dapat dijalankan langsung tanpa intalasi program apapun.

Agar virus tidak dapat bekerja, sebenarnya cukup matikan (disable) .bat, .vbs, dan .exe agar tidak dapat berjalan. Untuk .bat dan .vbs dapat dimatikan, namun untuk .exe tidak bisa karena jika dimatikan akan membuat Windows anda tidak dapat berjalan dengan baik karena sebagian besar sistem Windows menggunakan file dengan ekstensi .exe.

Mematikan (Disable) batch file (bat)
Dengan mematikan ekstensi file .bat, maka Windows anda tidak dapat menjalankan command prompt. Dan sebelum mematikan .bat, lakukan backup terhadap registry anda. Langkah-langkah untuk disable adalah sebagai berikut:

1. Buka regedit dengan cara start->run->ketikkan regedit
2. Buka HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\Windows\System
3. Buat registry baru dengan nama DisableCMD dan type-nya REG_DWORD
4. Isi value dengan nilai 1. Keterangan value apa saja yang dapat diisi, dapat dilihat di bawah ini:
Value: 0 mengaktifkan command prompt dan batch files
Value: 1 non-aktifkan command prompt dan batch files
Value: 2 non-aktifkan command prompt tetapi dapat menjalankan batch files

Mematikan (Disable) vbs
1. Buka Folder Options seperti pada gambar di bawah ini.


2. Cari File Type VBScript Script File seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian setelah itu, tekan tombol Delete.


3. Kemudian Cari File Type VBScript Encoded Script File seperti gambar di bawah ini. Kemudian tekan tombol Delete.
Perlu diingat, dengan mematikan vbs atau batch file ada kemungkinan beberapa program anda yang membutuhkan file ekstensi .bat atau .vbs tidak dapat berjalan sebagimana mestinya. Oleh sebab itu, anda dapat mengembalikan seperti semula dengan mengaktifkan kembali intpreter atau penerjemah vbs dan bat file.

1 komentar:

  1. bos gimana nih cara ngembaliin penerjemah vbsnya, saya ko ga bisa ya?, mohon bantuannya kirimin jawabannya ke fb ku ya

    diah.stefanie@yahoo.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...