Senin, 06 April 2009

How To Run Your Code

java, C, C++, ruby, python, perl adalah bahasa pemrogramana yang bersifat gratis dengan kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. Ada yang menggunakan intrepreter atau compiler dalam mengeksekusinya. Berikut ini saya contohkan bagaimana mengeksekusi program yang dibuat dalam bahasa java, C, C++, ruby, python, perl. Saya menggunakan Linux Slackware 12.1

1. Java
Dalam mengeksekusi Java, dibutuhkan compiler dan intepreter. Linux Slackware 12.1 tidak menyertakan compiler Java, jadi harus install terlebhi dahulu JDK (Java Development Kit). Setelah install, langkah-langkah untuk eksekusinya adalah sebagai berikut:
- Compile Java
javac namaFile.java
- Setelah sukses compile, akan mengahasilkan namaFile.class. Kemudian jalankan intepreter java:
java namafile

2. C/C++
C merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun Linux. C membutuhkan compiler untuk menjalankannya dengan cara:
- Compile C
gcc namaFile.c
- Default gcc setelah melakukan kompilasi akan menghasilkan file a.out. File inilah yang dieksekusi:
./a.out

atau dengan cara lain:
- Compile C
gcc namaFile.c -o namaFile
- Dengan cara diatas, maka setelah dikompilasi akan manghasilkan namaFile bukan a.out lagi. Kemudian file inilah yang dieksekusi
./namaFile

Untuk C++ ubah gcc menjadi g++, selebihnya caranya sama

3. Ruby
Sebagai informasi, Basaha pemrograman Ruby akhir-akhir ini telah mendapatkan popularitasnya. Sang pembuat Ruby, Yukihiro “matz” Matsumoto, menggabungkan beberapa bahasa pemrograman favoritnya (Perl, Smalltalk, Eiffel, Ada, and Lisp) untuk mendapatkan bahasa yang seimbang antara functional programming dan imperative programming. Sang pembuat Ruby sering mengatakan bahwa dia membuat bahasa yang natural atau alami bukan yang sederhana karena hal tersebut sama seperti hidup kita.

Kembali ke topik, untuk mengeksekusi ruby digunakan intepreter. Beruntungnya, Slackware telah menyertakannya.
Cara eksekusi:
ruby namaFile.rb

4. Python
Python merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membangun tool-tool penetration. Dibutuhkan intpreter untuk mengeksekusinya dengan cara:
python namaFile.py

5. Perl
Selain Python, Perl juga populer untuk digunakan membangun tool-tool penetration. Dibutuhkan intpreter untuk mengeksekusinya dengan cara:
perl namaFile.pl

Smogra bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...