Rabu, 07 Januari 2009

Password Aman dari Ophcrack

Ophcrack adalah tool untuk melakukan crack terhadap password pada sistem Informasi Windows yang menggunakan Rainbow Tables. Prinsipnya adalah Password user yang telah di-hash, diambil dan dipotong-potong menjadi beberapa bagian, kemudian Ophcrack melakukan hash terhadap suatu karakter dan mencocokkan hasilnya terhadapt potongan-potongan hasil hash password user sampai ketemu. Walaupun banyak orang yang mengakui ketangguhan Ophcrack dalam mendapatkan password, ternyata ada tipe-tipe password yang belum bisa di-crack oleh Ophcrack. Info tersebut saya temukan baru-baru ini.

Tipe 1: Password Alphanumeric lebih dari 16 karakter.
Password yang Alphanumeric adalah password yang hanya terdiri dari huruf dan angka saja. Misal, games76hand, mypasswd, atau intrepidibex810. Jika panjang password tersebut lebih dari 16 karakter, maka Ophcrack belum dapat melakukan cracking untuk mendapatkan password. Misal, microsoftfreeware2009.

Tipe 2: Password yang memiliki simbol lebih dari 4
Walaupun password anda kurang dari 16 karakter, asalkan memiliki lebih 4 simbol, password tersebut belum dapat di-crack oleh Ophcrack. Contoh karakter simbol adalah @, #, *, dan %. Contoh yang bisa di-crack: tutorial#win%, dan tutorial**tux. Contoh yang belum bisa adalah @@@my@@pass dan !@#$%loginku.

Ada kemungkinan Ophcrack versi yang akan datang memiliki kemampuan untuk melakukan cracking terhadap tipe 1 dan 2 diatas. Akhir kata, salah satu saran saya untuk menjaga keamanan komputer windows adalah sering melakukan pergantian password.

3 komentar:

  1. wah balik neih ....
    kompie lo diambil ,,,
    kalo ngk mau di loakin tuh ....
    wkkkkk

    BalasHapus
  2. @admin:
    :-o

    @sabdo:
    lg cari relawan bantuin bawain kompi neh mas...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...