Thursday, April 10, 2008

Konfigurasi Local Area Network (LAN) Windows XP

download file: konfigurasi lan xp.pdf
Berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana mengkonfigurasi LAN pada sistem operasi windows XP. Saya asumsikan seluruh kebutuhan perangkat keras (hardware), seperti ethernet, hub, kabel UTP beserta connector RJ 45 telah terpenuhi. Selain itu, Konfigurasi ini digunakan pada LAN yang tidak terhubung internet. Konfigurasi ini biasanya saya pakai untuk file sharing atau bermain game multiplayer seperti dotA dan Counter Strike.

1. Pertama-tama buka terlebih dahulu: Control Panel - Network Connections. Kemudian pada sebelah kiri layar, pilih Create a New Connection. Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. Klik next.

2. Karena jaringan LAN yang dibangun dalam skala kecil, pilih Set up a home or small office network seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian klik next.

3. klik finish
4. Kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini. Klik next.

5. Jika perangkat keras telah terpenuhi dan ethernet dapat berfungsi, langsung saja klik next.

6. Karena tidak terhubung dengan internet, maka pilih Other. Klik next.

7. Karena LAN tidak terhubung ke internet, maka pilih This Computer belongs to a network that does not have an internet connection. Klik next.

8. Berikutnya adalah mengisi deskripsi komputer dan nama komputer. Anda bebas untuk mengisi dengan apa saja. Setelah selesai mengisi, klik next.

9. Berikutnya adalah mengisi workgroup LAN. Anda bebas mengisi apa saja, namun nama dari workgroup ini sangat dianjurkan sama antara komputer satu dengan yang lainnya yang terhubung LAN anda.

10. Berkutnya adalah tentang file dan printer sharing. Jika anda ingin sebuah printer anda dapat digunakan bersama melalui jaringan LAN, pilih Turn On File and Printer Sharing. Jika tidak, pilih sebaliknya. Setelah selesai, pilih next.

11. Langkah selanjutnya windows akan menampilkan summary konfigurasi LAN. Jika ada yang salah, klik back. Jika tidak klik next.
12. Pada gambar di bawah ini, Windows melakukan penyimpanan konfigurasi.

13. Langkah selanjutnya adalah pilih "Just finish the wizard..." seperti gambar di bawah ini.
14. Yupzz...Konfigurasi telah selesai, silahkan klik finish.15. Langkah selanjutnya adalah konfigurasi IP Address windows XP. Silahkan klik: di sini.

artikel terkait: Ip Address & subnetting

7 comments:

  1. untuk Windows 7, bisa dilihat di http://xclusive4all.blogspot.com/2009/10/how-to-setup-local-area-connection-in.html

    ReplyDelete
  2. hallo..
    mohon bantuannya.
    pada langkah 4 tidak bisa di klik next itu knapa ya ?
    mohon sarannya ?

    ReplyDelete
  3. kalo setting dari w10 ke w8 atau w8.1 gimana gan.,? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf kurang tahu, sudah lama tidak pakai windows

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...