Rabu, 02 Januari 2008

Jenis-jenis media penyimpanan

Media penyimpanan (storage) sudah sangat meju teknologinya. Saya sendiri juga masih bingung dengan media penyimpanan. Kalau dipikir secara logika, kok bisa ya mereka menyimpan data. Dan Media penyimpanan ada beberapa macam, Berdasarkan yang saya baca.


1. Media Penyimpanan Sementara (Volatile Storage)

Media penyimpanan ini dapat menyimpan data selama masih ada aliran listrik dan data akan hilang bila tidak ada aliran listrik, oleh sebab itu disebut sebagai volatile. Media penyimpanan ini memiliki keunggulan pada bagian kecepatan aksesnya yang sangat tinggi karena menggunakan metode pengaksesan langsung. Namun media ini memiliki kekurangan, yaitu harga yang mahal dan ukurannya yang kecil. Contoh media penyimpanan ini adalah RAM (Random Access Memory), Cache Memory, dan Register Memory.

2. Media Penyimpanan Permanen (Non-Volatile Storage)

Media penyimpanan ini dapat menyimpan data walaupun tidak ada aliran listrik yang mengalir. Bila dibandingkan dengan volatile storage, Media penyimpanan jenis ini biasanya memiliki kapasitas yang jauh lebih besar. Selain itu, Harga per byte-nya jauh lebih murah dibanding volatile storage. Namun tetap saja memiliki kekurangan, yaitu kecepatan aksesnya sangat lambat dibanding volatile storage. Keunggulan-keunggulan yang ada harus dibayar dengan kecepatan aksesnya. Media jenis ini sebenarnya tidak 100% aman. Media jenis ini juga berpeluang untuk mengalami kerusakan yang menyebabkan data di dalamnya hilang. Contoh dari media jenis ini adalah tape dan disk.

3. Media Penyimpanan Stabil (Stable Storage)

Informasi yang ada dalam media ini dianggap tidak pernah hilang. Media ini merupakan media imajiner atau media yang tidak secara fisik ada. Media ini diimplementasikan dengan cara menyimpan data/informasi ke media penyimpanan permanen, kemudian dilakukan penggandaan di beberapa media penyimpanan permanen yang lain dan dikirimkan ke berbagai belahan dunia. Tujuannya adalah bila suatu waktu suatu lokasi mengalami kegagalan, misalnya oleh bencana alam, maka data yang berada di lokasi tersebut memiliki backup yang berada di lokasi lain.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...