Tuesday, January 8, 2008

Definisi Applet dan Widget

Suatu ketika saya ditanya definisi widget dan applet oleh teman saya. Saya memberi penjelasan yang kurang jelas. Teman saya malah jadi bingung. Oleh sebab itu, artikel ini saya buat berdasarkan pengetahuan saya dan sumber-sumber lain.

applet adalah program java komponen software yang dipadukan, diintegrasikan atau dijalankan bersama dengan halaman web atau HTML. Applet dieksekusi dan hasilnya berada di subset daerah tampilan browser (browser's display area) ketika halaman web atau HTML ditampilkan oleh web browser. Di sebelah kanan adalah contoh gambar applet.

widget singkatan dari "window gadget" yang merupakan komponen grafical user interface (GUI). widget adalah window yang memiliki bentuk dan tingkah laku khusus. Ukuran file widget biasanya kecil dan untuk memperindah tampilan desktop komputer kita. Di sebelah kiri adalah contoh gambar widget.




sumber:
- www.cs.ucc.ie/~dgb/courses/swd/glossary.html
- www.bic.mni.mcgill.ca/users/sylvain/doc/html/dot/node79.html
- Hariyanto, Bambang. Esensi-esensi Bahasa Pemrograman Java. 2003. Bandung: informatika.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...