Selasa, 25 Desember 2007

saran2 menjaga komputer anda

persiapan sebelum melakukan tips ini :
1. olahraga, soalnya bakalan lama duduk, bakarlah kalori dulu sebelum menumpuk kalori
2. segelas susu coklat hangat
3. roti bakar
4. lakukan pada pagi hari / pada malam hari bila ruangan tak ber-AC, biar suhu komputer ga terlalu panas
5. dengerin MP3!! here without you-nya 3 doors down, saddest song-nya the ataris, atau understatement-nya new found glory..
6. yuk!!

henshin!! berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga komputer anda terutama yang terhubung dengan internet, :
1. stabilizer / UPS
listrik kadang naik-turun, apalagi kalo ada seseorang menyalakan sesuatu, kaya TV, AC, hair dryer, de-el-el saat komputer nyala, listrik akan tersentak,. ini adalah salah satu yang benar-benar menghancurkan komputer secara fisik. nah...ini gunanya stabilizer ama UPS biar bikin tegangan stabil. tapi daripada stabilizer mending make UPS, karena UPS punya baterei yang bikin tegangan lancar meski ada gangguan..wess

2. ber-internet tanpa firewall
banyak yang anggap remeh firewall. tanpa firewall ibarat kata rumah degn pintu yang slalu terbuka, bebas segalanya bisa masuk. biar bisa berfungsi dgn baik, harus bener konfigurasinya.

3. malas menjalankan atau update antivirus
silahkan rasakan nikmatnya...

4. instalasi dan uninstall banyak program, terutama beta
semakin banyak install, semakin besar dapat kode asal-asalan yang bikin sistem anda crash, terutama di software bajakan. jadi mending make program freeware ato shareware.

5. eh salah..

6. membuat harddisk penuh dan terfragmentasi
harddisk penuh = lelet ky penyu. biar ga lelet, jalanin disk defragmenter untuk mengatur fragmentasi ama disk cleanup junk data.

7. membuka semua attachment
hati-hati buka attachment e-mail, jgn buka sembarangan bila tidak yakin sumbernya terpercaya. sembarangan buka = bunuh diri. di attachment tsb sering berisi virus, worm, trojan, spyware, de-el-el.

8. mik susu ah..

9. makan roti bakar

10. mik susu lagi ah..

11. meng-klik semuanya
nge-klik hyperlink sembarangan bisa terbawa ke situs yang punya kode jahat yang bisa menghapus harddisk, nge-install backdoor yg bisa dipake hacker. widih!1

12. share
buat komputer yang terhubung jaringan misalnya LAN, MAN, ato WAN ati2 kalo nge-share folder!! hacker sering make tu folder bwat masuk ke komputer anda. cara mencegahnya dengan matiin sharing file dan printer dan proteksi file yang di-share dengan permission share dan permission folder.

13. asal-asalan bikin password
jgn pake password yg gampang ditebak sperti tgl lahir, nama kekasih, de-el-el. panjang password minimal 8 tapi 14 lebih baik. gunakan kombinasi huruf besar/kecil, simbol dan angka.

14. mengabaikan back-up dan recovery
ada kemungkinan sistem crash jd back-up informasi adalah pilihan terbaik. bikin restore point di system restore saat anda merasa setingan komputernya pass....buat yang pengen cepet, buat aja image harddisk anda dengan memakai program "ghost" atau "cyclone".

15. bersihin komputer dari debu
misalnya 1/3/6 bulan sakali.

saran2 diatas ga jamin 100% aman dari virus dan pasukannya..palagi yg terhubung ma internet. kalo pengen aman 100% sih ada caranya: jgn terhubung ma internet, jgn install program, simpan komputer anda trus tinggal bobo deh..:)


referensi : PCMedia 03/2007

lebih lanjut : -http://www.microsoft.com/resources/documnetation/windows/xp/all/proddocs/en-us/snap_defra
g.mspx


-http://www.microsoft.com/resources/documnetation/windows/xp/all/proddocs/en-us/app_disk_cleanup.mspx

-http://www.microsoft.com/resources/documnetation/windows/xp/all/proddocs/en-us/app_backup.mspx

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...