Sabtu, 29 Desember 2007

DLL Error?

Komputer diibaratkan sebagai mobil. Dan kita, pemakai komputer, ibarat sopir sekaligus montir. File-file DLL ibarat komponen penting dari mesin mobil kita. Tetapi masih banyak pemakai komputer tidak tahu apa kegunaan file DLL. That sounds a little rude. Bagaimana mungkin kita membetulkan file-file DLL jika muncul suatu error sedangkan tidak tahu apa dan fungsi DLL.

Apa yang dimaksud DLL? DLL singkatan dari Dynamic Link Library. Arti dari DDL itu sendiri adalah sebuah file yang terdiri dari kumpulan-kumpulan fungsi, ter-compile, ter-link dan tersimpan terpisah dari proses-proses yang menggunakannya. DDL juga dapat berarti sebuah library yang memiliki fungsi-fungsi untuk programming yang di-load ke memori ketika dibutuhkan. DDL dapat digunakan oleh lebih dari satu proses atau program yang sedang

Dalam banyak kasus, sebuah jendela pop-up akan muncul ketika file-file DLL di modifikasi atau dihapus. Seperti yang telah diketahui lebih dari satu aplikasi. Dan apabila aplikasi tersebut dihapus, maka akan ada kemungkinan file DLL yang berhubungan dengan aplikasi tersebut terhapus. Akibatnya, aplikasi-aplikasi lain yang berhubungan DDL yang terhapus tersebut tidak dapat berjalan.

Untuk mengatasinya, seperti yang dikatakan IT expert, gunakanlah tool untuk membersihkan Registry atau Registry cleaner. secari alami, seluruh DLL adalah bagian dari Registry, sehingga apabila DLL dimodifikasi atau dihapus akan berpengaruh pada Registry. Sehingga direkomendasikan memakai tool untuk membersihkan registry untuk bila berhubungan dengan error pada DLL.

Kebanyakan ahli merekomendasikan untuk membersihkan Registry setelah melakukan instalasi atau uninstalasi, karena instalasi atau uninstalasi yang tidak berjalan dengan baik sering membuat file-file DLL corrupt. Untuk tool-tool registry cleaner, dapat digunakan software freeware seperti CCleaner, atau yang berbayar seperti TuneUp. Selain menggunakan registry cleaner gunakan juga tool untuk men-defrag registry seperti tool Free Registry Defrag, TuneUp dan lain-lain. Untuk mencari tool atau software tersebut, dapat di-download pada www.filehippo.com atau www.my-pc-helper.com

sumber:
- http://www.GoArticles.com
- http://www.davidgould.com/Glossary/Glossary.htm
- http://www.davegroth.com/terms/D.shtml

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...